Rabu, 06 April 2011

Cara Mengecek Apakah Antivirus Bekerja Dengan Baik

Pada pembahasan kali ini akan dibahas tentang cara mengecek apakah antivirus yang kita pakai bekerja dengan baik atau tidak. Ada kalanya kita kurang yakin, apakah antivirus yang kita pakai sudah menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk mendeteksi virus-virus yang mau mampir ke kompute kita.
kali ini akan saya tunjukkan bagaimana cara mengetahui apakah antivirus yang kita pakai benar-benar bisa mendeteksi virus atau tidak. Kalau penasaran, langsung saja lihat petunjuk di bawah ini.
Copy dan Paste code di bawah ini ke dalam Notepad
X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*
Teks/code di atas harus dalam keadaan Horizontal, yaitu dengan cara mematikan fasilitas Word Wrap, cara mematikannya: Pilih menu Format dan hilangkan tanda centang pada Word Wrap.
Lalu Save As Notepad Tadi, Misalkan Nama Save As nya adalah checkantivirus.com itu adalah contohnya saja, nama bisa apa aja terserah kalian, yang penting ekstensionnya harus .com
Beberapa Saat Setelah Kamu Save File Tersebut Ke Dalam Ekstension .com Maka Antivirus Akan Langsung Nge-Detect File Tersebut Sebagai Virus, Dan Bila AntiVirus Kamu Tidak Nge-Detect Apapun Artinya AntiVirus Kamu Harus Di Update Database Virusnya, atau Ganti AntiVirusnya Dengan Yang Lebih Tanggap.
Berikut adalah contoh menggunakan Vipre Antivirus yang setelah Save As file kedalam .com langsung muncul peringatan Virus dari Vipre.
Jangan Khawatir, File Yang Kalian Buat Tadi Aman Kok, Walaupun Kedetect Sebagai Virus Oleh AV, Text Code Yang Saya Kasih Diatas Adalah Standard Text yang Dipergunakan Oleh Para Developer Anti Virus Khususnya Oleh EICAR (European Institute for Computer Anti-virus Research).
Oke.. selamat mencoba, semoga bermanfaat bagi semuanya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar