Senin, 25 April 2011

Belajar Desain Grafis

Desain grafis adalah proses untuk menciptakan tampilan sebuah publikasi, presentasi, atau di situs web yang menarik, dengan cara logis. Ketika desain selesai maka: menarik perhatian, menambah nilai, dan meningkatkan minat audiens, simpel, terorganisir, memberikan penekanan selektif, dan menciptakan kesatuan yang utuh. 
Langkah-langkah dalam Proses Desain Grafis:
  1. Menganalisis audiens.
  2. Menentukan tujuan anda pesan.
  3. Memutuskan dimana dan bagaimana Anda akan muncul (apakah ia akan menjadi publikasi cetak, presentasi, atau situs web).
  4. Menetapkan tujuan.
  5. Mengatur teks dan gambar.
  6. Pilih format yang sesuai dan tata letak.
  7. Pilih sesuai typefaces, jenis ukuran, jenis gaya, dan spasi.
  8. Menambah dan memanipulasi grafik.
  9. Mengatur teks dan gambar.
  10. Proses proofing
  11. Memperbaiki dan menyempurnakan.
Membuat Efektif Layouts
Pedoman tata letak
Layout adalah susunan jenis dan grafis pada publikasi cetak, presentasi, atau situs web. Tata letak yang baik harus melayani tujuan dirancang oleh perancang, mengatur informasi dan gambar untuk menciptakan visual jalan bagi pembaca untuk mengikuti dan menarik perhatian pembaca.
Panduan umum untuk Layouts:
  1. Menentukan tujuan anda publikasi, presentasi, atau situs web anda sebelum anda mulai Layout.
  2. Membuat dasar pesan yang akan disampaikan dan rencana tata ruang di sekitarnya.
  3. Pilih yang sesuai jenis media (halaman web, presentasi, cetak buku, newsletter, atau brosur, dll) dan ukuran.
  4. Mengidentifikasi target pemirsa tersebut, kemudian menulis dan mendesain publikasi, presentasi, atau situs web agar selalu berada dalam benak khalayak.
  5. Mempertimbangkan kepentingan mereka, membaca tingkat, latar belakang, dll
Mengorganisir Layouts
Layout yang baik mudah untuk mengikuti dan memberikan fokus jelas kepada khalayak untuk membantu agar mudah menemukan cara mereka melalui publikasi, presentasi, atau halaman web. Jika ada pembaca untuk bekerja pada mereka menemukan cara melalui publikasi, mereka mungkin tidak akan membacanya. Mengatur dan menekankan informasi Anda untuk membuat pesan Anda sebagai jelas mungkin. Memutuskan apa yang ingin pembaca untuk melihat atau membaca posisi pertama dan itu yang sesuai, kemudian memutuskan apa yang ingin pembaca untuk membaca atau melihat berikutnya. Terus mengatur dan menekankan informasi sampai Anda telah memasukkan semuanya. Kualitas tata letak Anda menentukan seberapa cepat pembaca Anda akan diarahkan melalui publikasi cepat dan bagaimana mereka akan dapat membacanya.
Pedoman untuk Mengorganisir Layouts:
  1. Menggunakan berbagai jenis ukuran untuk berbagai elemen.
  2. Membentuk suatu hirarki dari jenis ukuran untuk utama, subheads, teks, dan lain-lain sesuai dengan format.
  3. Semua format utama sama, semua teks harus diformat sama, dll
  4. Membuat elemen yang paling pentingagar khalayak bisa menemukan hal yang besar pada hal-hal yang kecil.
  5. Menggunakan rules (baris) untuk memisahkan informasi ke dalam grup.
  6. Menggunakan berbagai jenisketebalan font.
  7. Gunakan spasi kosong untuk tujuan desain dalam publikasi.
  8. Informasi posisi penting di sudut kiri atas. Di sudut kiri atas biasanya membaca terlebih dahulu. Menempatkan kotak sekitar informasi penting.
  9. Berikan bullet pada item-item yang penting.
  10. Gunakan warna kebalikan (jenis putih pada latar belakang gelap) untuk memisahkan atau menekankan.
Pedoman untuk menangkap perhatian khalayak:
  1. Memperbesar gambar atau foto dari sesuatu yang kecil, sehingga akan mencakup area yang besar.
  2. Pisahkan elemen kecil, seperti blok tipe atau gambar, dengan space.
  3. Gunakan warna terang untuk publikasi, presentasi, atau situs web yang akan dilihat dalam lingkungan yang gelap atau abu-abu.
  4. Menggunakan warna hitam yang solid untuk background putih yang besar dalam desain.
  5. Memotong foto dalam suatu cara yang tidak biasa.
  6. Mengatur informasi penting dalam dengan memberi font khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar